Sudah menjadi kewajaran di sekitar kita pembangunan fasilitas ibadah (mis. Masjid, mushalla, madrasah, pesantren, dll) yang mengandalkan dana sumbangan masyarakat. Dengan segala kreatifitasnya, panitia berusaha sekuat tenaga mencukupi kekurangan pendaan ini.
Diantara strategi penggalian dana dilakukan dengan cara mengirim relawan untuk naik ke atas angkutan umum dan mengedarkan kotak amal kepada para penumpang. Atau dengan cara mendirikan semacam ‘pos’ di pinggiran jalan raya dengan harapan menarik minat mereka yang lewat untuk beramal.
Akan tetapi dalam prosesnya relawan memerlukan biaya guna memenuhi kebutuhannya. Meskipun sekedar makan, minum atau bensin untuk perjalanan. Oleh karena itu diaturlah pembagian hasil antar keduanya. antara relawan penggalang dana dan panitia sebagai penerima dana.
Fenomena semacam ini diperbolehkan dalam fiqih asalkan tidak melebihi dari upah sepantasnya atau sekedar mencukupi kebutuhannya, apabila relawan itu fakir. Lain halnya kalau relawan adalah orang yang kaya, maka tidak boleh, sebagaimana firman Allah: Apabila si orang itu kaya hendaknya menjaga diri (jangan mengambil) dan apabila si orang itu fakir maka hendaknya mengambil sekedarnya secara baik.
Demikian keterangan Abu Hajar al-Haitami dalam Tuhfah al-MuhtajÂ
ÙˆÙŽÙ‚Ùيْسَ بÙÙˆÙŽÙ„Ùيّ٠الْيَتÙيْم٠ÙÙيْمَا ذÙÙƒÙØ±ÙŽ Ù…ÙŽÙ†Ù’ جَمَعَ مَالاً Ù„ÙÙَكّ٠أَسْر٠أَيْ مَثَلاً Ùَلَه٠إÙنْ كَانَ ÙÙŽÙ‚Ùيْرًا اْلأَكْل٠مÙنْه٠كَذَا Ù‚Ùيْلَ وَالْوَجْه٠أَنْ ÙŠÙقَالَ Ùَلَه٠أَقَلّ٠اْلأَمْرَيْن٠قَالَ الشَّرْوَانÙÙŠ (قَوْلÙه٠أَي مَثَلاً) يَدْخÙل٠مَنْ جَمَعَ Ù„ÙØ®ÙŽÙ„اَص٠مَدÙÙŠÙ’Ù†Ù Ù…ÙØ¹Ù’Ø³ÙØ±Ù أَوْ مَظْلÙÙˆÙ’Ù…Ù Ù…ÙØµÙŽØ§Ø¯ÙŽØ±Ù ÙˆÙŽÙ‡ÙÙˆÙŽ ØÙŽØ³ÙŽÙ†ÙŒ Ù…ÙØªÙŽØ¹ÙŽÙŠÙ‘ÙŽÙ†ÙŒ ØÙŽØ«Ù‘ًا وَتَرْغÙيْبًا ÙÙيْ هَذÙه٠الْمÙكَرَّمَةÙ. أهـ Ø³ÙŽÙŠÙ‘ÙØ¯ عÙمَر. Ø£ÙŽÙ‚Ùوْل٠وَكَذَا يَدْخÙل٠مَنْ جَمَعَ Ù„ÙÙ†ÙŽØÙ’و٠بÙÙ†ÙŽØ§Ø¡Ù Ù…ÙŽØ³Ù’Ø¬ÙØ¯Ù. (قَوْلÙÙ‡Ù ÙˆÙŽ كَذَا Ù‚Ùيْلَ) لَعَلَّ قَائÙÙ„Ùه٠بَنَاه٠عَلَى مَا Ù…ÙØµÙŽØÙÙ‘ØÙ الرَّÙÙØ¹ÙÙŠ. اهـ سيد عمر. (قَوْلÙÙ‡Ù Ùَلَه٠أَقَلّ٠اْلأَمْرَيْن٠) النَّÙÙŽÙ‚ÙŽØ©Ù ÙˆÙŽØ§ÙØ¬Ù’Ø±ÙŽØ©Ù Ø§Ù„Ù’Ù…ÙØ«Ù’Ù„Ù .
Disamakan dengan wali anak yatim, seperti yang telah dikemukakan, orang yang mengumpulkan harta, misalnya untuk membebaskan tawanan. Jika ia orang yang miskin maka ia diperbolehkan untuk makan dari harta tersebut atau ia boleh mengambil satu di antara dua hal yang paling sedikit, yaitu biaya nafkah atau mengambil ujrah al-mitsli (upah standar).Â
Menurut al-Syirwani yang demikian itu termasuk pula orang yang mengumpulkan harta untuk membantu menyelamatkan orang miskin yang terbelit hutang atau orang yang terzalimi yang dirampas hartanya. Pendapat tersebut adalah pendapat yang baik dan (memang) harus seperti itu, sebagai pendorong dan penyemangat dalam perbuatan mulia ini. Demikian pendapat Sayyid Umar. Saya (al-Syirwani) berpendapat:“Begitu pula orang yang mengumpulkan harta untuk membangun mesjid.â€Â (Maksud salah satu di antara dua hal), yaitu nafkah dan ujrah al-mitsl (upah standar).
Keputusan Muktamar NU ke-2 (Sumber:Â http://nu.or.id)
Upah Relawan Kotak Amal
0 comments:
Post a Comment